Selasa, 21 Desember 2021

Latihan Soal UTS Beserta Jawaban

UTS

Soal

1.   Sebutkan contoh-contoh jurnal dipublikasi tahun 2016 – sekarang, dan pembahasannya pada tema-tema penelitian yang bisa digunakan pada saat penyusunan Skripsi nanti (1 tema cukup membahas 1 jurnal):

a.   Sistem Informasi

b.   Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

c.   Sistem Pakar

d.   Sistem Game technology

e.   Sistem Multimedia

f.    Sistem Jaringan

Jawaban

a.     Sistem Informasi

“AUDIT SISTEM INFORMASI SALES FORCE DENGAN  MENGGUNAKAN  FRAMEWORK COBIT 4.1 “

Mutia Dwi Rachmaningtyas, Muhammad Dini, Putri Aulia Ibrahim

JSiI | Jurnal Sistem Informasi | Vol.  8 | No.  2 | September 2021 | 1 15 - 1 21

Pembahasan

Penggunaan Teknologi Informasi (TI) atau Sistem Informasi (SI) dalam hal ini System Informasi Sales Force di PT. Pos Indonesia (Persero) dengan tujuan untuk otomatisasi tenaga penjualan dengan sistem penjualan dan pemasaran produk yang terintegrasi melalui website, sehingga penjualan produk dapat langsung melaporkan dan memesan produk melalui website dengan menggunakan perangkat elektronik seperti computer. Maka dari itu, perlu dilakukan audit terkait dengan pengelolaan dan performa dari system informasi saleforce tersebut. Untuk mengetahui tingkat kematangan dari pengelolaan dan performa dari system informasi tersebut, dilakukan  analisis  menggunakan  framework  Cobit  4.1 yang  fokus  pada domain DS1 Define and Manage  Service  Levels,  DS3  Manage  Performance and  Capacity, DS10  Manage Problems, DS13 Manage Operations dan ME1 Monitor and Evaluate IT Performance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan berdasarkan maturity level Cobit 4.1, sistem informasi sales force pada PT.  Pos Indoesia (Persero) berada pada level 3 atau defined. Dapat disimpulkan bahwa, pengelolaan dan performa system informasi sales force tersebut sudah dilakukan secara baik oleh divisi TI di PT. Pos Indonesia (Persero).

b.     Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

“ SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN OPERASIONAL MENGGUNAKAN METODE AHP “

Dani Yusuf, Dwi Budi Srisulistiowati

Pembahasan

Sistem Pendukung Keputusan merupakan implementasi teori – teori pengambilan keputusan yang telah diperkenalkan oleh ilmu – ilmu seperti Operation Research dan Management Science, hanya bedanya adalah bahwa jika dahulu untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapi harus dilakukan perhitungan iterasi secara manual (biasanya untuk mencari nilai minimum dan maksimum), saat ini komputer telah menawarkan kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang sama dalam waktu yang relatif singkat. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat mengarahkan kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan adalah AHP. AHP suatu teori umum tentang pengukuran yang digunakan untuk menemukan skala rasio, baik dari perbandingan berpasangan yang diskrit maupun kontinyu. AHP menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki. Aplikasi yang dibuat menggunakan berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP serta penyimpanan menggunakan DBMS MySQL.

 

c.     Sistem Pakar

“ SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TULANG BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING “

Irzal Arief Wisky, Dinul Akhiyar

Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 19 No.1, Juni 2019

Pembahasan

Penyakit tulang adalah penyakit yang sering kali tidak disadari oleh seseorang yang mungkin saja, orang tersebut sudah mengidap gejala-gejala penyakit tersebut. Umumnya seseorang akan menyadari bahwa dia telah mengidap penyakit tulang, ketika kondisi tulangnya tidak memungkinkan lagi untuk diobati. Jadi untuk mengurangi resiko keluhan pada tulang, kita membutuhkan informasi lengkap dan memadai baik dari riset, internet dan petugas kesehatan. Dengan menjaga kesehatan tulang maka aktivitas dan kinerja seseorang pun menjadi lebih produktif. Berdasarkan keadaan yang seperti ini peran pakar kesehatan terutama di bidang penyakit Tulang sangat dibutuhkan karena faktor keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai penyakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun suatu system pakar untuk mendiagnosa penyakit tulang melalui web menggunakan metode metode forward chaining untuk mendiagnosa penyakit tulang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi dan wawancara. Untuk tahap pengembangan sistem meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dengan metode black box test dan alpha test.

 

d.     Sistem Game technology

“ PERANCANGAN GAME PETUALANGAN SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN EDUKASI BERBASIS ANDROID “

Anna, Riski Annisa, Robi Parwandar

Vol. 3 No 1 – April 2020

Pembahasan

Perangkat mobile sangat digemari oleh masyarakat dan sistem operasi android menjadi salah satu ponsel paling populer di dunia pada saat ini karena kecanggihan dan efisien untuk dibawah kemana - mana. Salah satu fitur yang sering digunakan di dalam an droid adalah game. Belajar dengan metode membaca melalui  sebuah buku secara langsung biasanya menimbulkan kejenuhan bagi seorang pembaca ketika sedang  belajar. Karena identiknya isi dari buku tersebut biasanya han nya berisi tulisan dan gambar - gambar yang biasa saja, sehingga seorang pembaca cenderung bosan dan malas untuk belajar lagi. Oleh sebab itu penulis membuat sebuah game yang bergenre petualangan dengan menggabungkan game dan edukasi, sebagai media sarana untuk belajar dan bermain yang menarik. Level game yang terdiri dari tiga level dimana setiap level diberikan pertanyaan soal - soal seputar pembelajaran akuntansi berdasarkan kesulitan yang berbeda - beda.  Aplikasi game ini ditujukan untuk siswa - siswi Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Akuntansi serta untuk masyarakat umum untuk menambah pengetahuan tentang akuntansi. Game ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Construct2 yang berbasis HTML5 dan juga Adobe Photoshop. Berdasarkan hasil riset dan pengajuan kuesioner yang penulis lakukan didapat lah presen tase hasil jawaban atas pertanyaan 10 responden menyatakan bahwa game ini baik dapat menambah pengetahuan mengenai akuntansi, dan mengatasi kejenuhan dalam belajar akuntansi.

 

e.     Sistem Multimedia

“ PERANCANGAN APLIKASI KOMIK HADIST BERBASIS MULTIMEDIA ”

Helmi Fauzi Siregar, Yustria Handika Siregar, Melani

(Jurnal Teknologi Informasi) Vol.2, No.2. Desember 2018

Pembahasan

Komik adalah media komunikasi visual yang berisi suatu informasi, ide, pesan yang dituangkan ke dalam gambar semenarik mungkin. Perpaduan antara komik dan hadist cocok digunakan sebagai alternatif media dakwah karena terdapat pesan-pesan moral dan akhlak yang terkandung pada hadist. Aplikasi komik hadist dibuat agar memudahkan pembaca dalam memahami isi cerita komik dan meminimalisir kesalah artian yang sering terjadi. Metode yang digunakan dalam membuat aplikasi adalah dengan menggunakan Php. Aplikasi komik hadist memiliki fitur penyajian komik yang dikolaborasikan dengan animasi, hal ini dimaksudkan agar pengguna menyimak alur cerita komik secara benar dan berurutan sehingga meminimalisir kegagalan dalam memahami inti cerita. Aplikasi komik hadist disertai gambar dan variasi warna yang atraktif membuat aplikasi menarik untuk digunakan terutama bagi kalangan remaja dan anak-anak.

 

f.      Sistem Jaringan

“IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN FIREWALL SECURITY PORT PADA VITAA MULTI OXYGEN”

Ridatu Oca Nitra, Muhamad Ryansyah

Vol 7, no 1 (2019)

Pembahasan

Perkembangan teknologi dalam jaringan komputer lambat laun semakin pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan akses jaringan yang efisien, stabil serta keamanan yang handal. Perusahaan membutuhkan keamanan jaringan untuk menjaga data perusahaan, serta untuk mengontrol dan mengintegrasikan semua penguna koneksi jaringan. Perusahaan ini dengan banyak karyawan dan divisi yang berbeda-beda sehingga sering dilakukan perpindahan tempat kerja atau adanya karyawan baru. Sehingga sangat diperlukan sistem keamanan jaringan yang terjamin untuk menentukan pengunaan hak akses pada jaringan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perusahaan sangat membutuhkan adanya pengamanan jaringan pada setiap port lan (local area network) yaitu dengan menggunakan metode default atau static port security, port security dynamic learning dan sticky port security pada port yang berada diruang kerja tersebut. Hal ini berguna untuk memblok akses jaringan pada karyawan yang tidak melaporkan perpindahan tempat kerja dan dapat mencegah terjadinya pencurian data oleh orang asing atau bukan dari karyawan perusahaan tersebut.

2.    Bagi mhs yang memiliki 1 digit terakhir pada NIM jika ganjil maka uraikan komponen-komponen yang dibutuhkan pada perancangan sistem informasi akademik berbasis web. Bagi mhs yang memiliki 1 digit terakhir pada NIM jika genap maka uraikan komponen-komponen yang dibutuhkan pada perancangan sistem informasi penjualan produk berbasis android.

Jawaban

Komponen-Komponen Sistem Informasi.

a.     Perangkat Keras (Hardware).

o   Media Input: Laptop atau Pc, scanner

o   Media Proses: Prosessor

o   Media Output: Handphone android

o   Media Simpanan Luar: harddisk, flashdisk

b.   Perangkat Lunak (Software)

o   Sistem Operasi: Windows 10

o   bahasa Pemrograman: PHP

o   Perangkat Aplikasi: XAMPP, Notepad++ v.6.9.2, Mozilla firefox 9.0, dan MySQL Server 32 Bit

c.     Prosedure pada penjualan berbasis android;

o   Pendaftaran

o   Pemesanan produk

o   Kirimkan pesanan

o   Pembayaran

3.     Jelaskan alat-alat serta teknik-teknik yang bisa digunakan di dalam pengembangan sistem!

Jawaban

a.   Alat – alat pengembangan system

·       Sistem Flowchart

Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.

Flowchart terbagi atas lima jenis, yaitu :

1.     Flowchart Sistem (System Flowchart)

2.     Flowchart Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

3.     Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)

4.     Flowchart Program (Program Flowchart)

5.     Flowchart Proses (Process Flowchart)

·       Sistem Diagram | Flowmap

Flowmap adalah penggambaran secara grafik dari langkah -langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.

·       Data Flowdiagram

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD sangat mirip dengan Flowchart.

DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan proses kerja suatu sistem.

b.     Teknik – teknik pengembangan system

·       Analisis Biaya

Cost Benefit Analysis atau analisis biaya manfaat adalah pendekatan untuk rekomendasi kebijakan yang memungkinkan analisis membandingkan dan menganjurkan suatu kebijakan dengan cara menghitung total biaya dalam bentuk uang dan total keuntungan dalam bentuk uang.

·       Analisis Penjadwalan Proyek

Proyek system adalah pengembangan sebuah system informasi dalam suatu organisasi.

·       Teknik Pengumpulan Data

a.     Angket (Kuesionare)

Angket adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden untuk menggali data sesuai dengan permasalahan penelitian. Menurut Masri Singarimbum, pada penelitian survai, penggunaan angket merupakan hal yang paling pokok untuk pengumpulan data di lapangan. Hasil kuesioner inilah yang akan diangkakan (kuantifikasi), disusun tabel-tabel dan dianalisa secara statistik untuk menarik kesimpulan penelitian.

b.     Teknik Interview

Wawancara merupakan proses komunikasi yang sangat menentukan dalam proses penelitian. Dengan wawancara data yang diperoleh akan lebih mendalam, karena mampu menggali pemikiran atau pendapat secara detail. Oleh karena itu dalam pelaksanaan wawancara diperlukan ketrampilan dari seorang peneliti dalam berkomunikasi dengan responden. Seorang peneliti harus memiliki ketrampilan dalam mewawancarai, motivasi yang tinggi, dan rasa aman, artinya tidak ragu dan takut dalam menyampaikan wawancara. Seorang peneliti juga harus bersikap netral, sehingga responden tidak merasa ada tekanan psikis dalam memberikan jawaban kepada peneliti.

c.     Teknik Observasi

Agar observasi yang dilakukan oleh peneliti memperoleh hasil yang maksimal, maka perlu dilengkapi format atau blangko pengamatan sebagai instrumen. Dalam pelaksanaan observasi, peneliti bukan hanya sekedar mencatat, tetapi juga harus mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penilaian ke dalam suatu skala bertingkat.

4.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kebijakan Sistem! Dan sebutkan tugas dari Team Planning Staff tsb! Serta sebutkan hal-hal yang dibutuhkan di dalam perencanaan sistem!

Jawaban

·       Kebijakan system

Kebijakan yang dikeluarkan top manager kepada middle manager, kebijakannya berupa pengembangan system

·       Tugas Planning Staff

Bertugas merencanakan hal – hal apa saja yang dibutuhkan pengembangan system

·       Hal – hal dalam perencanaan system

1.   Dana / anggaran

2.   Waktu

3.   Sumber daya manusia / SDM

5.    Bagi mahasiswa yang 1 digit terakhirnya ganjil, maka uraikan proyek-proyek sistem yang bisa dikembangkan dalam suatu Perguruan Tinggi, minimal 10 proyek sistem. Sedangkan bagi mahasiswa yang 1 digit terakhirnya genap, maka uraikan proyek-proyek sistem yang bisa dikembangkan dalam suatu perusahaan, minimal 10 proyek sistem!

Jawaban

1)    Sistem Informasi Penjualan

2)    Sistem Informasi Pengelolaan Aset

3)    Sistem Informasi Keuangan

4)    Sistem Informasi Kepegawaian: rekruitmen calon pegawai, pengolahan data pegawai, kehadiran, penggajian, kenaikan pangkat/golongan, pengajuan cuti, pemberian SP, pemberhentian pegawai, penanganan pensiun bagi pegawai.

5)    Sistem Informasi Pengelolaan Parkir Karyawan

6)    Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Produk

7)    Sistem Informasi Alur Pembuatan Produk

8)    Sistem Informasi Data Suplier Pemasok Produk

9)    Sistem Keamanan Jaringan Pada Perusahaan

10) Sistem Pendukung Keputusan Auditor

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal dan Jawaban Bab IX

  Soal 1. Pada penggambaran flowmap sebutkan dan gambarkan symbol – symbol yang ada di dalam flowmap ! Jawaban : ·                 Sim...