1. Sebutkan definisi dari analisi system serta jelaskan Langkah – Langkah yang terdapat di dalam analisis system tersebut
Jawaban:
Analisa sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu system informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikn dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatankesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
Langkah-langkah dalam tahap analisa sistem hampir sama dengan yang akan langkah-langkahyang dilakukan dalam mendefinisikan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan di tahap perencanaan sistem. Perbedaannya terletak pada ruang-lingkup tugasnya. Di analisa sistem, ruang lingkup tugasnya adalah lebih terinci. Di analisa sistem ini, penelitian yang dilakukan oleh analis sistem adalah penelitian terinci, sedang di perencanaan sistem sifatnya hanya penelitian pendahuluan
Di dalam tahap analisa sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem, sebagai berikut:
- Identify, yaitu mengidentifikasikan masalah
- Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
- Menentukan Jenis Penelitian
- Merencanakan Jadual Penelitian
· Dimana penelitian akan dilakukan
· Apa dan siapa yang akan diteliti
· Siapa yang akan meneliti
·
Kapan
penelitian dilakukan
- Membuat Penugasan Penelitian
- Membuat Agenda Wawancara
- Mengumpulkan Hasil Penelitian
· Waktu untuk melakukan suatu kegiatan
· Kesalahan melakukan kegiatan di sistem yang lama
· Pengambilan sampel
· Formulir dan laporan yang dihasilkan oleh sistem lama
· Elemen-elemen data
· Teknologi yang digunakan di sistem lama
· Kebutuhan informasi pemakai sistem / manajemen
- Analyze, menganalisis sistem
- Menganalisis Kelemahan Sistem
· Apa yang dikerjakan ?
· Bagaimana mengerjakannya ?
· Siapa yang mengerjakan
Menganalisis kelemahan sistem sebaliknya dilakukan untuk menjawab pertanyaan :
· Mengapa dikerjakan ?
· Perlukah dikerjakan ?
· Apakah telah dikerjakan dengan baik ?
Sasaran yang diinginkan oleh sistem yang baru ditentukan oleh kriteria penilaian sebagai berikut :
· Relevance
· Capacity
· Efficiency
· Timeliness
· Accessibility
· Flexibility
· Accuracy
· Reliability
· Security
· Economy
· Simplicity
Berdasarkan pertanyaan dan kriteria ini, selanjutnya analis system akan dapat melakukan analis dari hasil penelitian dengan baik untuk menemukan kelemahan dan permasalahan dari sistem yang ada.
- Menganalisis Kebutuhan Informasi Pemakai / Manajemen
- Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.
- Analisis telah selesai dilakukan
- Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
- Meminta pendapat dan saran dari pihak manajemen
- Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa meneruskan ke tahap disain sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak layak lagi)
- Semua hasil yang didapat dari penelitian perlu dilampirkan pada laporan hasil analisis ini, sehingga manajemen dan user dapat memeriksa kembali kebenaran data yang telah diperoleh.
2. Di dalam memahami suatu system yang sedang berjalan ( system lama ) maka anda harus melakukan penelitian untuk memahami system lama tersebut.
Jika anda memiliki 1 digit terakhir pada NIM ganjil maka anda mendapatkan studi kasus system informasi penjualan berbasis android
Jika anda memiliki 1 digit terakhir pada NIM genap maka anda mendapatkan studi kasus system informasi akademik berbasis web
Pertanyaan : anda harus menganalisis kebutuhan data, informasi, dan system serta menganalisis kelemahan – kelemahan system tersebut
Jawaban:
System Akademik Berbasis Web
A. Kebutuhan Data Informasi
- Name – Nama kolom, akan ditampilkan di bagian atas tabel.
- Type – Pilih tipe kolom. Sebagai contoh, kami memilih varchar karena kami ingin memasukkan tipe string berupa nama (yang tentu saja terdiri atas huruf dan bukannya angka).
- Length/Values – Untuk menentukan maksimum panjang entry yang boleh Anda buat di kolom.
- Index – Kami menggunakan index “Primary” untuk kolom “ID”. Sebaiknya buat satu kolom ID saat membuat tabel. Kolom ini berfungsi untuk menghitung entri tabel dan dibutuhkan apabila Anda hendak mengonfigurasikan hubungan antartabel. Kami juga memberi tanda “A_I” yang berarti Auto Increment. Secara otomatis, kolom akan menghitung entri (1, 2, 3, 4…).
B. Kebutuhan Data System
- Memiliki banyak kompetisi. PHP memang memiliki banyak komunitas, yang mana hal ini justru membawa kompetisi yang tergolong lebih ketat
- Tidak dilengkapi dengan tipe data
- Rawan pembajakan
- Kurang prestisius
3. Jelaskan teknik – teknik yang digunakan di dalam teknik pengumpulan data. Dari teknik – teknik pengumpulan data tersebut, teknik manakah yang paling baik menurut anda pribadi, jelaskan alasannya?
Jawaban:
Teknik pengumpulan data adalah teknik atau cara yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi serta fakta pendukung yang ada di lapangan untuk keperluan penelitian. Teknik pengumpulan data tentu sangat ditentukan oleh metodologi penelitian yang diambil atau dipilih oleh peneliti.
Jika peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif maka teknik pengumpulan data yang digunakan dapat berupa observasi, focus group discussion (FGD), wawancara mendalam (indepth interview) dan studi kasus (case study). Sedangkan jika peneliti menggunakan penelitian kuantitatif maka teknik pengumpulan data yang dipilih dapat berupa angket (kuesioner), wawancara dan studi dokumentasi.
A. Teknik Observasi
B. Teknik Interview
C. Teknik Daftar Pertanyaan
Memilih Observasi karena observasi adalah untuk dapat mengamati dan mencatat fenomena yang muncul dalam variabel terikat (Setting lokasi, Objek, atau yang akan diteliti) sebagai akibat dari adanya kontrol dan manipulasi variabel.Bertjuan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan terjadinya perbedaan diantara kedua kelompok. Dengan melakukan observasi, peneliti dapat menentukan langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan saat mulai masuk dalam penelitian yang sesungguhnya menentukan rancangan penelitian yang disesuaikan dengan hasil observasi diawal.
4. Jelaskan bentuk pertanyaan dengan format bebas dan tiga format pasti, Check off questions, yes / no questions, opinion questions, pada masing – masing studi kasus tersebut.
Jawaban:
Kuesioner adalah suatu daftar yang berisi dengan pertanyaan - pertanyaan untuk tujuan khusus yang memungkinkan penganalisis untuk mengumpulkan data mengenai sikap, keyakinan, perilaku dan karakteristik dari orang-orang utama di dalam organisasi serta pendapat dari responden yang dipilih.Kuesioner sangat bermanfaat jika orang-orang di dalam organisasiterpisah saling berjauhan, yakni orang-orang yang terlibat proyeksistem, sehingga tinjauan secara keseluruhan diperlukan sebelummerekomendasikan alternatif lainnya.
A. Format Bebas
B. Format Pasti
a. Check-off Questions
Jenis dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.
Contoh :
Mana yang menjadi pemasok dari perangkat keras Anda ?
_____ Compaq _____ IBM
_____ Univac _____ Macintosh
b.Yes/NO Questions
Jenis dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab “Ya” atau “Tidak”.
c. Opinion/choice Questions
Jenis dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.
Contoh :
Bagaimana pendapat Anda tentang komputerisasi yang akan dilakukan ini ?
1 = Sangat setuju 4 = Tidak setuju
2 = Setuju 5 = Sangat tidak setuju
3 = Kurang Setuju
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan study kelayakan! Jelaskan menurut pendapat anda, mengapa study kelayakan perlu dilakukan didalam pengembangan system! Serta sebutkan factor – factor yang harus diperhatikan didalam studi kelayakan!
Jawaban:
Study Kelayakan yaitu untuk menentukan apakah secara teknis layak atau tidak, dengan keputusan suatu proses yang di amati dan di teliti dengan bijak agar memberikan suatu manfaat yang lebih Panjang dan menguntungkan secara continue(berlanjut)
- Adanya permasalahan-permasalahan berupa:
- Permasalahan pada sistem yang lama yang menyebabkan sistem tersebut tidak dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.
- Adanya pertumbuhan organisasi yang menyebabkan kebutuhan informasi yang semakin luas, peningkatan jumlah data yang harus diolah semakin meningkat, perubahan prinsip akuntansi yang baru menyebabkan harus disusunnya sistem yang baru, karena sistem yang lama tidak efektif lagi dan tidak dapat memenuhi lagi semua kebutuhan informasi yang dibutuhkan manajemen.
- Untuk meraih peluang dan kesempatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar